16 Nov 2017

PEKAN RAYA GHUBATRAS (PRG)

Pembukaan PRG oleh Wakil Rektor III

Salam Lestari !!!
Hai hai hai....
Kali ini kita akan membahas tentang Pekan Raya Ghubatras. apa sih itu Pekan Raya Ghubatras atau lebih singkatnya disebut PRG? Jadi, PRG yaitu perayaan. Kegiatan PRG telah dilaksanakan pada tanggal 4 s.d. 9 September 2017. Dan ada 5 kegiatan yang telah berhasil dilakukan selama waktu 1 minggu. Langsung berlanjut ke 5 kegiatan tersebut ya gaes.
Pemanjatan Oleh Kepala Divisi Rock Climbing (Otor)
vKegiatan yang pertama yaitu Fun Climbing, dengan sasaran seluruh warga civitas akademia  Universitas Trunojoyo Madura loh. Sebelumnya, pada pagi harinya di adakan pembukaan kegiatan sekaligus peresmian Wall Climbing dari Wakil Rektor III Universitas Trunojoyo Madura kepada ketua umum MPA. GHUBATRAS dan bertempat di Wall Centre MPA. GHUBATRS depan Gedung Graha Utama atau yang lebih dikenal gedung Auditorium, setelah itu langsung dilanjutkan dengan acara Fun Climbing. Kegiatan ini sistemnya yaitu tiap peserta diwajibkan membayar 3K saja untuk sekali pemanjatan dan silahkan mencari poin-poin yang sudah kami beri gulungan kertas, dimana pada gulungan kertas tersebut terdapat kode-kode yang akan ditukar dengan hadiah. Untuk kegiatan fun climbing ini kami berhasil menarik sebanyak 95 peserta dari mahasiswa sampai warga sekitar kampus.
Antusias Para Peserta Lomba  Mewarnai 
Kegiatan yang kedua yaitu lomba mewarna tingkat TK se Kecamatan Kamal dengan tema “mencintai lingkungan sejak usia dini”. Dalam kegiatan ini panitia berhasil mendapatkan peserta sebanak 108 dari 17 TK di Kecamatan Kamal. Euforia keceriaan anak-anak TK terlampiaskan di sini, yang awalnya ceria berubah nangis didalam ruangan. Ada yang bawa meja lipat tapi Cuma buat cadangan saja. Dan masih banyak lagi tingkah lucu mereka. Pada kegiatan ini, 4 orang peserta telah berhasil memenangkan perlombaan dan berhasil membawa pulang piala serta uang pembinaan yang telah disediakan oleh panitia. Juara I dari TK Pertiwi atas nama Senandung Cinta, juara II dari TK Bhakti II Kamal atas nama Claudya Anastasya, juara III dari TK Seruni atas nama Anindya dan juara Favorit juri atas nama Senandung Pelangi dari TK Bhakti II Kamal. Untuk yang tidak menang, tetap membawa sertifikat lomba serta snack yang di sediakan panitia. Jangan erkecil hati ya bagi yang kalah, untuk yang menang jangan jadi tinggi hati.
Para Pemenang 
Berlanjut ke kegiatan ketiga, yaitu lomba Orienteering siswa pecinta alam se-Madura. Dalam kegiatan Orienteering tersebut di lakukan di area Kampus Universitas Trunojoyo Madura dengan menggunakan lintasan kering. Untuk lomba orienteering ini di ikuti oleh 13 tim dalam tiap tim terdiri dari 3 anggota. Sebelumnya apa sih Orienteering itu? Orienteering adalah olahraga yang membutuhkan kemampuan dan keterampilan navigasi menggunakan peta dan kompas untuk menyelesaikan suatu lintasa dari titik kontrol satu ke titik kontrol lain dalam waktu sesingkat mungkin. Untuk lomba orienteering yang diadakan oleh MPA.GHUBATRAS ini, melibatkan ahli-ahli Mountaineering. Karena pesertanya terdiri dari teman-teman sispala, jadi hanya berkisar pada area kampus saja. Tim memasang 18 poin, jadi tiap kelompok lomba harus mendapatkan poin sebanyak-banyaknya dengan waktu 30 menit. Peluit tanda dimulainya perlombaan akhirnya dimulai dan semua peserta langsung menyebar mencari poin yang sudah dipasang panitia. Di perlombaan kali ini, yang menjadi poin utama yaitu ketepatan waktu, jadi peserta harus mencari poin selama 30 menit, lebih dari 30 menit akan di diskualifikasi.
Untuk lomba orienteering ini, peserta terjauh datang dari Kabupaten Pamekasan. Setelah 30 menit berlalu, peserta yang menggunakan jam tangan yang sebelumnya di kalibrasi sudah kembali ke basecamp. Ada beberapa tim yang didiskualifikasi karena melewati batas waktu yang ditentukan. Lomba orienteering sispala se-Madura dimenangkan oleh Palaekopra SMAN 1 Bangkalan untuk juara 1 dan 2, sedangkan untuk juara 3 diberikan kepada PASSKAL SMKN 1 Kamal. Untuk pemenangnya akan mendapat trophy dan uang pembinaan. Selamat yaa, semoga yang didapat bermanfaat dan tidak membuat besar kepala.
Kegiatan tersebut mendapat respon positif dari pembina sispala seperti yang diucapkan Erwin sebagai pembina Sispara yang berasal dari SMAN 4 Bangkalan “kegiatannya bagus agar menambah pengalaman dan teman untuk adek-adek”.
Puncak Mahameru ( Klemar, otor dan lopes)
Kegiatan ke empat yaitu pendakian adat ke Puncak Mahameru (Gunung Semeru, Malang, Jawa Timur). Di wakili ole 3 atlit dari MPA. GHUBATRAS yaitu Othor, Lopes, dan Klemar. Dengan memakai pakaian khas Madura yang dinamakan Baju Sakera di lengkapi dengan Odeng atau ikat kepala. Dengan konsep memperkenalkan budaya kepada masyarakat khususnya yang ada di Gunung Semeru. Perjalanan yang melelahkan dan tentu saja ditemani dingin yang menusuk tulang membuat mereka semangat terus untuk bisa mencapai puncak dan kembali ke rumah dengan keadaan yang sama yaitu sehat. 1 ucapan rutin saat mencapai puncak tertinggi Jawa Timur yaitu “Alhamdulillah” serta tidak lupa untuk mengibarkan bendera organisasi kebanggaan kita yaitu MPA. GHUBATRAS dan Universitas Trunojoyo Madura di salah satu seven summits Indonesia.
Foto Bersama Bedah Buku
Kegiatan terakhir sekaligus untuk menutup acara Pekan Raya Ghubatras yaitu Bedah Buku Stasiun Nol jilid II. Dengan pemateri yang langsung didatangkan dari Yogyakarta yaitu Bapak Erlangga yang tidak lain yaitu penulis langsung buku Stasiun Nol jilid I dan Jilid II. Sasaran utama bedah buku ini yaitu para teman-teman MAPALA yang terfokus pada divisi Caving atau penelusuran goa. Di sini, kita belajar tentang pemetaan goa langsung dari sumbernya. Fasilitas yang didapat dari peserta yaitu ilmu yang bermanfaat, stiker, sertifikat nasional, serta foto bersama Master of Caving.
Itulah tadi serangkaian kegiatan Pekan Raya Ghubatras yang memang menguras tenaga bagi panitia tetapi membuat semangat para panitia juga karena dapat berjalan lancar. Terima kasih kepada semua pihak yang sudah terlibat dan menyukseskan acara ini. Semoga ke depannya jika di adakan PRG lagi, dapat berjalan lancar dan lebih baik lagi dari yang sekarang. Amin.

GHUBATRAS JAYA!!!











Tidak ada komentar:

Posting Komentar