19 Apr 2014

Perlengkapan Pendakian

Gambar ilustrasi

Memang ribet dan banyak, tapi semua perlengkapan itu memiliki fungsi masing-masing dan tidak akan terlihat ribet jika kita bisa mempackingnya secara benar. 
Berikut ini merupakan cara paking yang sebagian besar digunakan para pendaki untuk mempermudah perjalanan selama pendakian dan memaksimalkan fungsi dari masing - masing perlengkapan yang dibawa.


Susunan Packing


Sebenarnya cara untuk packing ada beberapa versi, dan packing ini merupakan seni pagi para pendaki, karena kita menata dan menyusun perlengkapan yang segudang (lebay) muat dalam 1 carier.
Dan versi kami seperti berikut (untuk ukuran carier 80liter) :
  1. Letakan semua perlengkapan di dalam carier, jangan sampai ada barang yang di luar, termasuk matras, karena matras ini membantu carier menjadi lebih rapi dan tegak.
  2. Gunakan trash bag di bagian dalam carier untuk menghindari basah ketika udara lembab atau hujan (juga untuk mengantisipasi cover yang bocor, hehehhe).
  3. Letakan perlengkapan yang penting dan emergency di bagian head carier seperti ponco, senter/headlamp, kompas, p3k, tali. Di bagian dalam bagian atas isi dengan makanan ringan, di bagian tengah isi dengan air (air porsi banyak kayak dirigen), peralatan masak, makanan berat, dsb. Lalu di bagian bawah diisi dengan perlengkapan yang digunakan ketika sudah kondisi mendirikan camp seperti pakaian dan sleeping bag. 
  4. Letakkan barang yang paling berat di bagian belakang punggung misal air dirigen. Supaya memperingan kita ketika mendaki.
  5. Biar lebih gampang lagi tiap - tiap perlengkapan dibedakan berdasarkan jenisnya dalam satu tas kresek, supaya tidak ribet mencari juga menghindari dari resapan air.
Kurang lebih seperti itu cara packing versi kami. 
Satu lagi nih sob, jangan lupa sampah-sampah dari barang bawaan kita dibawa pulang ya..
jangan sampe ketinggalan apa lagi sengaja ditinggal. Gunung kan bukan tempat sampah. Okkeee??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar