24 Apr 2014

Pelatihan Water Rescue di Sumenep



BASARNAS (Badan Sar Nasional) adalah unsur pelaksana pemerintah dibidang pencarian dan pertolongan (Search and Rescue) dipimpin oleh Kepala BASARNAS yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden, (pasal 1). Tanggal 15-17 April 2014 (Makoa dan Kokot) delegasi dari GHUBATRAS ikut berpartisipasi dalam pelatihan BASARNAS di Sumenep yang bertemakan WATER RESCUE.

Komentar Makoa dalam pelatihan ini "Pelatihan kemaren itu menurut saya sangat lucu dan asyik banget, gimana gak lucu dan asyik  dari 50 peserta hanya aku sendiri ceweknya……!!!!! Yang kebanyakaan bapak-bapak TNI,POLRI, BPBD, dll. Hemmmm tapi itu tidak buat saya minder, setelah kenal jauh bareng bapak-bapak itu  kami jadi tambah pengalaman". Ujarnya.


Kegiatan pelatihan di mulai hari selasa jam 09.00 WIB, dimulai dengan Seminar pengenalan SAR dan alat-alatnya, sebelum seminar dimulai acara dibuka dengan upacara pembukaan.
Keesokan harinya tepatnya pada hari Rabu pagi peserta mulai praktek di kolam renang WPS (Water Park Sumekar) sebelum terjun langsung ke pantai.  Di situ peserta langsung mempraktekkan semua materi yang diberikan pada hari sebelumnya. Sore harinya sekitar pukul 17.00 WIB, peserta kembali ke hotel untuk bersih-bersih dan istirahat.
Kamis paginya peserta praktek di medan sebenarnya yaitu pantai Slopeng, disitu peserta mempraktekan langsung bagaimana mengendarai perahu montor serta menyelamatkan korban. Sekitar jam 14.00 WIB acara selesai dan diakhiri dengan upacara di pinggir pantai. 

Peserta pelatihan water rescue sedang serius melihat simulasi dari bapak pemateri

Simulasi Water Rescue oleh BASARNAS

Makoa (nomer 2 dari kanan) satu-satunya peserta wanita di pelatihan Water Rescue ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar