16 Nov 2017

DIKLATSAR XXIX MPA. GHUBATRAS




Salam lestari !!!
Foto Bersama Rektor, Wakil Rektor III, Pembina
Tepat pada tanggal 29 Oktober sampai 5 November 2017 kemare telah diadakan Diklatsar XXIX MPA. GHUBATRAS dengan tempat yang sama tiap tahunnya, yaitu taman hutan raya R. Soerjo, Prigen, Tretes, Kab Pasuruan. Kegiatan di mulai dari kampus, yaitu pada tanggal 29 Oktober 2017, dengan jenis kegiatan yaitu latihan packing. Disini, peserta yang berjumlah 13 orang wajib bisa packing logistik dan perlengkapan lainnya pada carrier 80L. Mereka di ajarkan bagaimana cara packing yang baik dan benar serta bagaimana cara manajemen waktu dan manajemen logistik. Untuk manajemen waktu berguna untuk mereka agar lebih bisa menghargai waktu, tidak membuang waktu. untuk manajemen logistik yaitu mereka diajarkan bagaiamana memanajemen logistik yang mereka bawa agar bisa pas selama 7 hari kegiatan. Berlanjut pada malam harinya ke 13 peserta diberikan nama lapangan serta kaos peserta dengan konsep post to post, untuk tiap postnya berfungsi untuk mengulas kembali materi-materi yang telah di terima. Setelah mendapat kaos dan namlap, mereka di berikan waktu beristirahat hingga esok hari.


Perserta dan Panitia
Hari kedua, mereka di bangunkan pagi-pagi sekali untuk mandi dan ibadah, serta diberikan vitamin agar senantiasa kesehatannya terjaga dan tak lupa mereka diajarkan menyanyi Mars Ghubatras. dengan dipandu senior Molen ke 13 peserta mulai menyanyikan mars tersebut. Setelah itu, mereka di giring menuju Rektorat untuk mengikuti upacara pemberangkatan peserta diklat oleh Rektor Universitas Trunojoyo Madura, bapak Syarif dan WR 3 , bapak Boedi. Setelah itu, mereka langsung berjalan menuju pertigaan kampus dan untuk selanjutnya dilanjutkan dengan perjalan meggunakan angkutan umum hingga sampai tujuan atau awal pendakian. Dengan panduan oleh senior Bajai, senior Otor, senior Banser, dan senior Romlah mereka lalu memulai pendakian hingga sampai pada tempat camp pertama.
Hari ketiga, mereka bangun pagi dan langsung melakukan mandi pagi dan upacara pembukaan bersama senior pengantar. Disana mereka dibentuk menjadi 2 kelompok. Setelah itu, mereka masak dan makan bersama. Mereka packing dan melanjutkan perjalanan. Setelah turun beberapa jam, mereka melakukan aplikasi Navdar yang dibimbing oleh senior Sampan selaku kadiv GH. Mereka harus bisa menemukan korban dengan menggunakan koordinat titik yang sudah diberikan oleh senior sampan. Setelah diberi waktu 30 menit hanya ada 1 kelompok yang berhasil menemukan korbannya dan langsung melakukan pertolongan pertama. Setelah itu, mereka di bimbing lagi untuk melanjutkan perjalanan menuju kop-kopan Gunung Arjuno Welirang. Mereka akhirnya tiba di kop-kopan sekitar pukul 20.00 wib dan langsung mendirikan bivak dengan menggunakan ponco. Disana, mereka dimulai di bina mentalnya dengan tema Loyalitas, tetapi mereka sepakat kepengen pulang. Hingga keesokan paginya dengan tetap dibimbing senior Bajai selaku PLT Diklatsar turun menuju Pet Bocor, kegiatan turun dari kop-kopan ini melenceng jauh dengan Randown yang sudah dibuat Korlap dikarenakan adanya insiden tersebut. Setelah di beri pengertian oleh senior Bajaj akhirnya mereka mau melanjutkan kegiatan DIKLATSAR ini.
Hari ke empat, ke lima, dan ke enam berjalan lancar. Mereka mulai survival yaitu dengan  bertahan hidup di alam dengan memanfaatkan alam sebagai tempat hidup. Mereka juga membuat bivak alami saat istirahat, bivak alami sendiri yaitu bivak yang terbuat dari ranting atau daun-daun yang ada. Mereka juga bisa merasakan nyenyaknya tidur ngalong, yaitu tidur di pohon dengan segala perlengkapan di naikkan ke atas pohon. Bina mental berjalan lancar dengan ketiga pilar MPA. GHUBATRAS sebagai dasarnya. Meskipun ada 1 peserta yang pulang, tetapi kegiatan tetap berjalan lancar hingga hari terakhir.
Hingga tiba di penghujung acara yaitu hari terakhir, mereka dibersihkan tubuhnya dibiarkan berganti pakaian dan memakai minyak wangi untuk proses perkenalan dan acara ramah tamah dengan seluruh anggota MPA. GHUBATRAS. keseruan tercipta disini, makan bersama, tertawa bersama, diskusi bersama. Hingga waktu istirahat tiba. Keesokan harinya, masih ada kejutan lagi bagi mereka. Yaitu acara post to post untuk bisa sampai di air terjun kakek bodo dan dilakukan pengukuhan anggota baru.
Tangis bahagia mungkin mengiringi mereka hingga air dingin yang jatuh tidak di rasa. Selamat datang penerus generasi, selamat datang anggota muda XXIX MPA. GHUBATRAS. selamat datang, silahkan berproses, dilahkan nikmati pahit manisnya, silahkan mendapatkan manfaatnya. Majukan organisasi kami semakin maju dan terdepan lagi.

Sukses DIKLATSAR XXIX MPA. GHUBATRAS



Tidak ada komentar:

Posting Komentar