11 Mei 2016

MPA. GHUBATRAS, Kader Caving, dan Goa.



Gelap, sunyi, indah dan menantang. Itulah alasan kenapa  kader caving MPA. GHUBATRAS senang berkegiatan di goa. Divisi caving adalah divisi yang paling banyak diminati oleh anggota MPA. GHUBATAS. Kader-kadenya pun selalu eksis disetiap kegiatan yang berhubungan dengan goa, baik itu kegiatan caving internal organisasi maupun eksternal organisasi.
Di internal organisasi, kader caving aktif melakukan pengkaderan dan latihan rutin baik untuk anggota muda maupun anggota aktif. Bentuk latihan dan pengkaderan yang dilakukan ialah dengan memberikan materi, simulasi SRT, simulasi mapping, rescue dan lain sejenisnya. Hal tersebut dilakukan untuk  mendapatkan kader baru dan meningkatkan ketrampilan anggota di bidang caving
. Untuk kegiatan eksternal organisasi, anggota caving MPA. GHUBATRAS aktif di Paving Jatim (Paguyuban caving), HIKESPI, dan lain-lain.
Seperti yang dilakukan oleh beberapa anggota caving beberapa waktu yang lalu. Mereka mengikuti kegiatan basic training II Paving di kawasan kars Malang selatan. Goa yang menjadi target adalah goa Lo, goa Bangi dan goa Siyem. Ketiga goa tersebut mempunyai karakter yang berbeda. Goa Lo dan goa Bangi masih dalam satu sistem pergoaan. Kedua goa tersebut tembus. Walaupun demikian kedua goa tersebut mempunyai ciri yang berbeda.

Goa Lo medannya berair. Teknik penelusuran yang digunakan juga lengkap, mulai dari renang  jeram, menyelam, jalan bebek (Duck walking), merangkang (Bear walking), merayap, traverse, chimney, dan sedikit memanjat. Ornamenya juga keren, bikin gemes. Indah pokoknya! Ditambah pula dengan sungai dan air terjun dalm goa. Nah kan, kebayang kerenya seperti apa. Bisa dibayangkan juga pemetaan di goa dengan medan seperti itu. Dijamin seru dan menantang! Lain lagi dengan goa Bangi. Goa bangi berair tapi hanya dibeberapa bagian saja. Goa Bangi lebih cenderung pada tebing. Jadi teknik memajat sangat diperlukan saat menelusuiri goa ini. Dan yang terakhir adalah goa siyem. Goa siyem juga berair, ada yang sump dan ada yang aliran air. Aliran airnya cukup deras. Tapi bukan disitu tantanganya. Goa Siyem adalah goa dengan ketersediaan oksigen yang sedikit. Jadi saat menelusuri Goa Siyem, kita harus pandai-pandai mengatur nafas., agar saat menelusuri goa kita masih mepunyai tenaga yang cukup. Terasa sangat berat saat menelusuri goa tersebut. SRT-an tujuh meter saja serasa SRT-an 50m. Entah faktor alam seperti apa yang membuat Goa Siyem minim oksigen. 
Tapi pengalaman tersebut tetep keren. Bisa nambah ilmu, wawasan, jam terbang dan nambah teman. Enggak rugi deh pokoknya! Kegiatan ekstern seperti itu perlu dikuti, sebab dengan demikian kita bisa menunjukkan prestasi kita. Kalau kita tidak mau aktif di luar, pengalaman, ilmu dan jaringan yang kita miliki juga tidak akan berkembang.
Yaps,, organisasi besar di dalam karena kekeluargaanya dan besar di luar karena prestasinya. Semoga kelak MPA. GHUBATRAS semakian erat  persaudaraanya dan prestasinya selalu bertambah.

Penulis : Dwi Putri Utami(sepat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar