29 Okt 2016

24 Okt 2016

pengambilan Nomor Induk Anggota Anggota Muda XXVII



 
Salam Lestari...........
Hari pembuktian angkatan XXVII akhirnya tiba juga. Setelah melewati beberapa tahapan, akhirnya hari yang ditunggu datang juga. Yaitu Pengambilan Nomor Induk Anggota. Pengambilan No. NIA itu sendiri yaitu salah satu proses untuk bisa naik tingkat dan bisa menjadi anggota penuh MPA. GHUBATRAS. Pengambilan No.NIA juga memiliki syarat tersendiri, yaitu kita harus mendaki gunung dengan ketinggian diatas 3.000 MDPL. Untuk itu, para anggota muda XXVII memilih gunung arjuno dan welirang yang ketinggiannya diatas 3.000 MDPL. Waktu yang kami butuhkan untuk menaklukkan kedua gunung tersebut selama 6 hari. Di sini, kekompakkan kita sedang diujikan. Watak dan sifat dari masing-masing peserta akan terlihat disini. Mulai dari yang manja, egois, keras, dll. Acara ini juga menghabiskan dana yang tidak sedikit, serta waktu yang lebih banyak dibutuhkan daripada poin-poin sebelumnya. Pengambilan No. NIA diikuti 11 peserta, diantara lain ; Cidomo, Bajai, Otor, Hartop, Molen, Sampan, Troli, Len,

10 Okt 2016

DELEGASI M.P.A GHUBATRAS MENDAPATKAN PERINGKAT II NASIONAL

FormatFactoryIMG 3650

Caving atau susur goa adalah kegiatan di alam bebas dengan medan berupa goa dan lingkungan di sekitarnya. Susur goa sendiri bukan merupakan hal yang asing bagi dunia mahasiswa pecinta alam (mapala), pasalnya hampir setiap mapala di Indonesia mempunyai divisi ini. Maka tak heran jika salah satu komunitas penelusur goa yang cukup besar di DIY mengadakan festival pemetaan goa. Komunitas tersebut adalah ASC ( Acyntyacunyata Speleological Club).
 Komunitas tersebut mengadakan festival pemetaan goa bukan tanpa alasan. Mereka melihat potensi yang besar dari kawasan kars yang dimiliki indonesia, yaitu seluas 154.000 . jumlah tersebut tidak diimbangi dengan jumlah surveyor goa di Indonesia. ASC berharap dengan adanya festival ini, jumlah surveyor di Indonesia mampu bertambah sehinga mampu memetakan goa-goa yang ada di indonesia. Tidak hanya jumlah surveyor yang bertambah, namun juga disertai dengan kemampuan memetakan goa yang lebih sesuai dengan standar.