26 Apr 2016

Peringatan Hari Bumi 22 April

Halo everybody pasti kalian tahu kan masalah pelik yang sedang booming pada era abad 21? Yes, of course , Dunia pada abad 21 ini sudah menunjukkan kelesuannya, ditandai dengan kutub selatan dan utara  yang mulai mencair, suhu udara yang meningkat secara signifikan tiap tahunnya membuat alam semakin parah keadaannya. Dalam hal ini sering disebut dengan global warming. Global warming atau pemanasan global adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atsmosfer, laut dan daratan bumi. Global warming disebabkan karena ulah manusia yang tidak memperhatikan lingkungan sekitarnya diantaranya adalah  Asap Pabrik yang menyebabkan polusi udara, Efek rumah kaca yang terdapat di kota kota serta Penebangan pohon tanpa diimbangi dengan penanaman kembali

10 Apr 2016

Tes Penjurusan Anggota Muda XXVII

Yuhhuuu, anggota muda punya acara lagi. So, Come On read!! Tepat pada tanggal 8 April 2016, para anggota muda berkumpul di Sekretariat MPA. Ghubatras. Kami berkumpul pukul 19.00 WIB dengan berpakaian bebas, rapi, dan berscraft. DIKJUT yang dikontrol oleh Senior Raceng selaku Penanggung Jawab diikuti 16 Anggota Muda. Acara DIKJUT ini dimulai diruang rapat. Setelah acara DIKJUT dibuka, para anggota muda dibagi menjadi 8 kelompok, setiap satu kelompok terdiri dari 2 orang. Dengan semangat menggebu-gebu meluncurlah kelompok per kelompok menuju pos yang dituju.
Pos yang pertama, Mountenaring. Dengan pembawan yang kalem senior Rap Orap ditemani oleh senior Kokot dan bertempat di fak. Hukum lama. Di pos ini anggota muda diberi beberapa pertanyaan oleh senior Rap orap, diantaranya tentang pengertian Moutenaring itu sendiri, Persiapan saat pendakian, cara packing, peralatan dalam survival kid, cara bertahan hidup saat tersesat(survival).

Pos yang kedua, Orad. Di pos ini, senior Lumpur yang biasanya suka bercanda untuk
malam ini harus memasang muka serius. Di pos ini senior Lumpur memberi 3 tes sekaligus. Tes tulis, tes lisan, dan tes praktek. Di tes tulis, anggota muda diberi pertanyaan tentang pengertian orad, bagian-bagian perahu. Di tes praktek, anggota muda mempraktekkan cara dayung J struk. Dan yang terakhir  tes lisan, anggota muda harus menjawab pertanyaan tentang rintangan saat pengarungan.

Pos yang ketiga, Caving. Senior Rok orok, Senior Pindhank, dan senior Raceng selaku Diksar. Senior Rok Orok sebagai PJ Divisi Caving memberikan tiga pertanyaan kepada para anggota muda. Pengertian Caving, macam-macam Lintasan, dan macam-macam alat Goa Horizontal dan Vertikal. Senior Rok Orok yang pendiam tidak banyak bicara. Senior Pindhank menceritakan tentang macam-macam goa, khususnya di Madura
Yang Keempat, senior Tengu sebagai PJ Divisi Konservasi. Dengan gaya santainya senior
Tengu memberi 3 pertanyaan yang harus di jawab anggota muda, seperti Pengertian Konservasi, Serta penjelasan beserta cara Herbarium(basah,kering) dan Bird Watching.


Jengg,,,,,the last post, Rock Climbing. Senior Burtong dan Senior Acan tidak memberi pertanyaan seperti keempat Divisi yang lain. Senior Burtong memberikan penjelasan tentang RC dan anggota muda yang memilih Divisi RC harus menerangkan tentang RC kepada anggota muda yang lain.
Para Anggota muda XXVII sangat semangat mengikuti DIKJUT kali ini. Setelah Pos To Pos, anggota muda berkumpul kembali di ruang rapat dan menjalani evaluasi akhir dari Senior Raceng. Pesan untuk para AM XXVII adalah “Always Fight My Generation” Kami yakin, kami pasti bisa menjalankan yang harusnya dijalankan. Tujuan kami hanya satu, menjadi anggota penuh MPA. Ghubatras. FIGHT!!
Acara DIKJUT kali ini bertujuan agar anggota muda mengulas kembali materi dan aplikasi yang sudah diberikan. Semua anggota muda sangat menunggu kelanjutan kegiatan dari semua rangkaian yang sudah terjadwal. Meskipun banyak dari anggota muda yang tidak meneruskan, tapi harapan untuk NIA bersama akan selalu ada. Kami berharap, anggota muda tetap semangat dan jalani semuanya dengan kebersamaan. Karena, perjuangan yang tidak mudah, tidak akan mengecewakan hasil. Satu mimpi, satu tujuan.

Created By : Cikar - xxvii
10-April-2016

Pengumuman Hasil Penjurusan Anggota Muda Angkatan XXVII

Presensi nilai anggota muda MPA. GHUBATRAS
>>Download DISISNI<<

2 Apr 2016

Pra-Dikjut Orad Anggota muda XXVII

Sebelum Ke pendidikan Lanjutan atau poin Anggota muda angkatan 27 diwajibkan untuk mengikuti kegiatan pra-dikjut poin. kegiatan ini bertujuan untuk menambah penggetahuan anggota muda, membekali sebelum ke pendidikan lanjutan yang sebenarnya  dan untuk lebih mengenal tiap-tiap divisi yang ada di Mpa. Ghubatras. Beberapa minggu lalu telah diadakan pendidikan lanjutan berupa simulasi orad yang dilakukan di kolam kampus Universitas Trunojoyo madura. Dimulai pagi hari sampai menjelang siang hari, semua anggota muda terlihat antusias dengan pendidikan ini simulasi yang diajarkan berupa flip perahu, simulasi renang jeram dan simulasi dayung. kegiatan berjalan dengan lancar dan tiada halangan sama sekali diharapkan setelah pendidikan ini anggota muda dapat lebih memahami tentang dasar-dasar Orad(Olahraga Arus Deras).

Reuni Akbar Mpa. Ghubatras Universitas Trunojoyo madura

Reuni Akbar MPA. GHUBATRAS yang dilaksanakan tanggal 26-27, Maret 2016 lalu Alhamduillah telah berjalan lancar. Kegiatan dihadiri oleh Para SLB, Anggota aktif dan anggota muda, kegiatan diawali kumpul disekretariat pada pagi hari kemudian dilanjut perjalanan menuju bumi perkemahan dengan menggunakan bis. Perjalanan memerlukan waktu sekitar kurang lebih empat jam melewati medang yang lumayan menyulitkan bagi bis kami, sesampainya dilokasi, langsung