22 Mar 2017

Latihan Gabungan MPA.GHUBATRAS 2017






Salam Lestari !!!
Hey hello, selamat datang kembali bagi pembaca setia blog kami. Jangan bosan-bosan ya untuk setia buka blog dan baca berita terhangat dari kami.
Latihan gabungan ini sebenarnya merupakan proses pendidikan dari Anggota Muda XXVIII MPA. GHUBATRAS. jadi, tiap divisi melakukan latihan gabungan bersama antara Anggota Muda dan Anggota Penuh dengan waktu dan temapt yang berbeda tiap divisi. Sebelumnya, para kadiv andalan membuat proposal kegiatan masing-masing. Merencanakan jenis kegiatan, waktu dan tempat kegiatan, hingga proposal siap dikirim ke Organisasi. Kegiatan yang pertama kami lakukan yaitu Latihan Gabungan Divisi Konservasi.

Melalukan Birth Watching/senior Getek dan AM
Senior Getek, selaku Kadiv Konservasi, mengawali Latihan Gabungan kali ini. Latihan ini dilakukan selama 1 hari, yaitu pada Jumat, 3 maret 2017. Dan tempat pelaksanaannya di kampus kita tercinta, yaitu Universitas Trunojoyo Madura. Pada pagi hari, pukul 5 pagi kami melakukan Bird Watching, jadi kami dibagi menjadi beberapa kelompok, 1 kelompok beranggotakan sekitar 5 orang. Kami dibagi tugas dan harus bisa bekerja sama. 1 orang melihat burung menggunakan Binoculer, 1 orang menggambar ciri-ciri burung sesuai instruksi dari orang pertama, 1 orang lagi mencari di Mackinon untuk mencari jenis apa burung yang sedang di cari. Dan sisanya mencari burung yang hinggap di pepohanan ataupun gedung-gedung. Setelah burung-burung mulai menghilang dari langit atas taman kampus, kami pun kembali ke Sekretariat MPA. GHUBATRAS. Siang hari, kami melakukan Herbarium. Yang kami Herbariumkan yaitu sejenis dedaunan yang tidak diketahui namanya, dan kita melakukan Herbarium ini untuk mengawetkan dedaunan tersebut sekaligus mencari nama dan jenisnya. Setelah selesai melakukan Herbarium, kami melakukan Bird Watching kembali. Karena waktu yang cocok untuk melakukan Bird Watching yaitu pagi dan petang hari.

Single Rope technic/Haho
Setelah Latihan Gabungan Konservasi di selesaikan, langsung dilanjutkan Latihan GabunganCaving dipandu senior Troli. Kegiatan ini juga berlangsung 1 hari penuh, yaitu pada hari Sabtu, 4 Maret 2017. Tempat berlangsungnya latihan gabungan ini yaitu di Goa Tomlan. Dan jenis kegiatannya yaitu membuat Rigging, melakukan SRT (naik dan turun aven), explore goa Tomlan, serta belajar jenis-jenis simpul. Banyak pengalaman menyenangkan dan menegangkan. Bukan lancar atau tidaknya kita melakukan SRT yang dilihat disini (meskipun lancar SRT dapat poin plus), tetapi ilmu yang kita dapat. Banyak pengalaman berharga yang kita peroleh, seperti kotor-kotoran saat explore goa Tomlan, saat kebingungan membuat Rigging, saat trouble saat dilintasan SRT, sampai lupa ada berapa jenis simpul. Di sini, kita belajar bersama. Yang lupa di ingatkan, yang tidak bisa diajarkan sampai bisa, yang kotor semakin dikotorkan lagi, dan yang trouble di semangati dan di bimbing supaya bisa berhasil lolos dari lintasan.


Dayung kuat/ Senior Cidomo, Lumpur OPA lainya

Latihan Gabungan Caving berjalan sesuai rencana. Next! Kita beralih ke Latihan Gabungan ORAD. Kali ini, ORAD punya acara istimewah. Yaitu Latihan Gabungan bersama MPA. GHUBATRAS, OPA BANGKALAN, dan KRI SURABAYA. Seruuu loh, kali ini kita main basah-basahan. Tempat kegiatannya yakni di Sungai Bancaran-Bangkalan, dan dilaksanakan pada hari Minggu, 5 Maret 2017. KRI Surabaya mengambil alih latihan Rescue dalam air. Jadi, kita di ajarkan bagaimana langkah-langkah menyelamatkan korban dalam air. Serta senior Cidomo yang memimpin jalannya acara ini melakukan latihan gabungan jenis-jenis teknik dayungan, serta lintas basah. Total peserta yang mengikuti acara ini sekitar 50 orang lebih. Sungai Bancaran pada satu hari itu disulap menjadi tempat kegiatan ORAD. Semua kegiatan ini mengutamakan safety first. Jadi, kami harus selalu mengenakan pelampung, helm ORAD, sandal/sepatu serta dayung saat di atas perahu. Semua ikut terjun langsung ke lapangan. Dan semuanya belajar bersama, bermain bersama, dan basah-basahan bersama     . Yang paling seru dari kegiatan ini saat tim dari KRI Surabaya mengemudikan perahu dan melakukan atraksi tipis-tipis. Perahu yang kita naiki seolah terbang dan langsung berbelok tajam. (udah kaya rafting beneran). Kegiatan ORAD ini ditutup dengan foto bersama dengan semua peserta yang terlibat. Dan berlanjut ke Latihan gabungan GH.

Mencari Titik Kordinat/Senior Sampan dan Anggota muda
Latihan Gabungan Gunung Hutan dilakukan di Desa Buluh, pada Sabtu 11 Maret 2017. Kali ini, Anggota muda dibagi menjadi 2 tim. Masing-masing tim memiliki tugas yaitu mencari korban di sekitaran goa tomlan-goa rifai. Jadi, mula-mula masing-masing tim diberi titik koordinat awal dan langsung memulai pencarian korban. Di sini, masing-masing tim di ajarkan untuk bekerja sama, dan belajar sabar serta yang terpenting yaitu teliliti. Sekali dalam menembak titik salah, akan salah sampai seterusnya dan akan gagal menemukan korban. Kedua tim terus menelusuri jalanan desa Buluh dan terus menembak titik yang bisa ditembak. Setelah berjalan selama berjam-jam akhirnya satu tim berhasil menemukan korban. Korban yang ditemukan berjumlah 2 orang, laki-laki dan perempuan. Dan segera melakukan PPGD sembari menunggu 1 tim melintasi daerah tersebut. Setelah sekitar 1 jam, tim kedua berhasil sampai di lokasi korban. Kedua tim bekerja sama dalam menolong korban. Karena korban berada di atas tebing, kedua kelompok harus membuat tandu dan membawa kedua korban ke bawah tebing dan menghubungi rumah sakit terdekat. Latihan Gabungan GH berhasil diselesaikan dengan lancar. Sukses terus senior Sampan untuk membimbing adik-adiknya.

Top Rope Technic/Jet
Dan yang terakhir yaitu latihan gabungan Rock Climbing. Bertempat di tebing Kampek, dan berlangsung sehari penuh pada hari Minggu, 12 Maret 2017. Pertama-tama, senior Otor selaku kadiv RC membuat Anchor selanjutnya para peserta Latihan Gabungan secara bergantian membuat lintasan pada tebing. Dari sekian banyak Anggota Muda yang ikut memanjat, hanya 1 orang yang berhasil sampai top, yaitu Atun. Good job Atun si anak tukang nangis. Setelah masing-masing peserta berhasil memanjat meskipun tidak sedikit yang menjerit ketakutan (kebanyakan yang cewek sih, teriak histeris) dan kegiatan juga berjalan sesuai rencana, akhirnya senior Otor melakukan Cleaning dan Packing dibantu Peserta yang lainnya. Setelah kegiatan selesai, tidak lupa untuk mengabadikan kegiatan alias foto bersama. Setelah itu, kami pun kembali ke Sekretariat MPA. GHUBATRAS.
Seluruh latihan gabungan sudah dilaksanakan dan sudah dilakukan upacara Penutupan. Kedepannya, semoga Anggota Muda sudah bisa menentukan pilihannya masing-masing sesuai minat dan bakat masing-masing. Jangan sampai salah pilih gaes. “Banyak pilihan yang ditawarkan dalam hidup, tapi kita harus bisa berfikir cerdas pilihan mana yang harus kita ambil. Pilihanmu menentukan masa depanmu”. SUCCESS FOR ALL, dan jadilah yang terbaik untuk diri sendiri.
Sekian informasi dari tim KOMINFO 2017. Sampai jumpa ke kegiatan selanjutnya ya. Bye-bye.

TIM KOMINFO 2017



13 Mar 2017

Pembentukan Program Kerja Kepengurusan Periode 2017

Program kerja adalah sesuatu cara yang disahkan untuk mencapai tujuan dimana melalui hal tersebut bentuk rencana akan lebih terorganisir dan lebih mudah untuk dioperasionalkan demi tercapainya kegiatan pelaksanaan karena dalam program tersebut telah dimuat berbagai aspek yang harus dijalankan atau dilaksanakan agar tujuan program itu sendiri dapat tercapai. Hal ini juga terjadi dalam Setiap pergantian kepengurusan MPA. GHUBATRAS akan ada pembentukan program kerja yang mana dalam hal ini Badan Pengurus Harian (BPH) akan merumuskan Program Kerja setahun kedepan supaya sesuai dengan rencana yang ditentukan. Hal ini juga membutuhkan pemikiran yang baik dan matang dalam membentuk suatu sistematika kegiatan dalam konsep yang terstruktur dan teroganisir, maka dari itu BPH sendiri memutuskan untuk membentuk Program kerja diluar Keseketariatan MPA.GHUBATRAS. 

Pada tanggal 10 s.d. 12 Februari 2017 yang bertempat di Padusan, Pacet, Mojokerto kami pun membentuk program kerja kepengurusan periode 2017 tersebut selama 2 hari itupun cuaca tidak mendukung terkendala hujan. Sebab itu, setiap kali hujan kami harus menghentikan pembahasan Program kerja, terkadang harus basah terlebih dahulu demi untuk melanjutkan pembahasan walaupun hujan terus menerus turun. Dan pada akhirnya Progran Kerja kami selesai dengan baik serta menghasilkan Program Kerja sebagai berikut: Program Kerja Utama Yaitu Pekan Raya GHUBATRAS selanjutnya disebut PRG yang mana Program Kerja Ini dilaksanakan satu minggu dengan Kegiatan – kegiatan. Program Kerja wajib yaitu Dies Maulidiyah, DIKLATSAR, dan Musyawarah Anggota. Program Kerja Tambahan yaitu Hari Bumi dan Hari Anak Nasional. 

Pengurus Periode 2017